Pengembangan anak muda tidak hanya kita dampingi dari organisasi kepemudaan dan aktivis, tetapi juga diharapkan pemuda Indonesia di seluruh lapisan daerah bisa menjadi penggerak sosial di sektor ekonomi maupun sociopreneur yang berperan penting dalam membawa perubahan bangsa,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

Menurut Menpora, kegiatan yang merupakan kompetisi proyek sosial generasi muda ini sejalan dengan visi dan misi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang mengajak para pemuda Indonesia untuk menjadi agen perubahan.

Hal itu disampaikan Menpora pada peresmian kompetisi PFmuda pada acara Indonesian Social Leaders Expo 2023 yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Pertamina Foundation di Makara Art Center UI, Kampus UI Depok, pada Selasa (23/5/2023).

Menteri Pemuda dan Olahraga RI
Menpora menghadiri peresmian kompetisi PFmuda pada acara Indonesian Social Leaders Expo 2023 yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Pertamina Foundation di Makara Art Center UI, Kampus UI Depok, pada Selasa (23/5/2023).

PFmuda merupakan program CSR PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation Muda yang menjadi ajang adu gagasan para anak muda dalam mengentaskan masalah sosial di lingkungannya. Upaya ini dijabarkan melalui proposal proyek sosial yang inspiratif, bermanfaat, dan berkelanjutan. PFmuda hadir memberikan manfaat bagi generasi muda yang tertarik, mulai dari stimulan dana proyek, peningkatan kapasitas, mentoring proyek, dan jejaring dengan dunia usaha untuk keberlanjutan proyek sosialnya.

Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Prof Dr Ir Dedi Priadi DEA yang menerima kedatangan Menpora menyampaikan, “UI selalu percaya bahwa pengembangan ilmu pengetahuan melalui kegiatan akademik maupun non-akademik sebagai upaya menghasilkan terobosan baru. Ia dapat menjadi pendorong utama untuk menciptakan perubahan positif di kehidupan masyarakat kelak.”

Pada kesempatan tersebut, UI dan Pertamina Foundation menandatangani perjanjian kerja sama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan melalui kegiatan Sobat Bumi. Program tersebut dilaksanakan dengan penanaman vegetasi seluas 5 hektar di hutan UI. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi perubahan iklim melalui penurunan emisi berbasis alam. Kolaborasi ini diharapkan dapat dielaborasi dengan program hutan edukasi yang diinisiasi oleh UI.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari, menyampaikan, “Pertamina memberikan dukungan untuk pemuda Indonesia melalui Pertamina Foundation Muda dalam upaya pengimplementasian proyek dengan baik. Melalui acara ini, diharapkan dapat membantu kepekaan kawula muda untuk mewujudkan sebuah solusi yang berkelanjutan dan membawa kehidupan masyarakat yang lebih baik.”

Seremoni peresmian PFmuda dihadiri oleh Founder Narasi Najwa Shihab; CEO Kitabisa.com Alfatih Timur; Co-Founder dan CEO DuAnyam Azalea Ayuningtyas; serta pegiat literasi dan penulis Maman Suherman. Mereka juga ikut memberikan dorongan kepada generasi muda untuk memanfaatkan PFmuda sebagai wadah pengembangan diri.

Baca juga:

50 Tahun Indonesia-Korsel, UI Dukung Penguatan Kemitraan Sosial Budaya dan Diplomasi